Mandalawangi Pangrango

Senja itu,
            Ketika matahari turun ke dalam jurang-jurangmu
            Aku datang kembali ke dalam ribaanmu
            Dalam sepimu dan dalam dinginmu

Walau setiap orang berbicara tentang manfaat dan guna,
            Aku bicara padamu tentang cinta dan keindahan,
            Dan aku terima kau dalam keberadaanmu
            Seperti kau terima dalam daku

Aku cinta padamu, Pangrango yang dingin dan sepi
Sungaimu adalah nyanyian keabadian tentang tiada,
Hutanmu adalah misteri segala
            Cintaku dan cintamu adalah kebisuan semesta

Malam itu,
Ketika dingin dan kebisuan menyelimuti Mandalawangi,
Kau datang kembali berbicara padaku
            Tentang kehampaan semua

Hidup adalah soal keberanian,
            Menghadapi tanda tanya tanpa kita mengerti
            Tanpa kita bisa menawar
            Terimalah dan hadapilah

Dan diantara ransel-ransel kosong dan api unggun yang membara
            Aku terima ini semua
            Melampaui batas hutan-hutanmu
            Melalui batas-batas jurangmu

Aku cinta padamu, Pangrango
Karena aku cinta pada keberanian hidup

~*Soe Hok Gie*~
   [19 Juli 1966]

¡Compártelo!

0 komentar:

Posting Komentar

Cari

 
Rinai Hujanku Copyright © 2011 | Tema diseñado por: compartidisimo | Con la tecnología de: Blogger